HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Kutai Barat

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Kutai Barat

MOTTO PN KUTAI BARAT: " Dengan kerja keras dan kerja sama kita pasti BISA !" ------> B : Berintegritas I : Inovasi S : Semangat A : Akurat

Articles in Category: Berita/Pengumuman Terkini

Rapat Evaluasi Bulan Desember 2018

on Selasa, 04 Desember 2018. Posted in Berita/Pengumuman Terkini

Sendawar, Selasa 4 Desember 2018.

Bertempat di ruang Aula Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dilaksanakan Rapat  Bulanan / Evaluasi Kinerja Bulan November. Rapat dipimpin oleh Bapak Suwandi, S.H.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dengan didampingi oleh Bapak Alfan Mufrody, S.H. selaku Panitera Pengadilan Kutai Barat Kelas II dan Bapak Sarwono, S.H. selaku Sekretaris Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II serta dihadiri oleh Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh karyawan/ti Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dan Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II.

Rapat dibuka dengan penyampaian hasil pengamatan dari Ketua Pengadilan terkait keamanan kantor yang mulai kendor. Oleh karenanya Ketua Pengadilan Negeri memerintahkan agar kumpulan kunci tiap ruangan  disimpan di ruang perpustakaan dan disediakan buku register dimana berisikan informasi terkait tanggal peminjaman kumpulan kunci ruangan, jam peminjaman kumpulan kunci ruangan dan kerpeluan pihak yang meminjam kumpulan kunci ruangan. Selanjutnya terkait degan cuti tahunan, Ketua Pengadilan Negeri menghimbau agar mempergunakan cuti sebijak mungkin untuk mengantisipasi lunjakan beban kerja yang besar pada akhir tahun. Selain itu terkait dengan role model yang akhir desember sudah harus diperbaharui sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 1467a/DJU/SK/KP02.1/6/2018 tentang Pedoman Pemilihan Agen Perubahan Sebagai Role Model Pada Pengadilan Tingkat Pertama Dan Pegadilan Tingkat Banding, maka Bapak Suwandi, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II memerintahakan kepada Panitera dan Sekretaris untuk segera mengusulkan 2 (dua) orang calon  masing – masing dari bidang kepaniteraan dan bidang kesekretariatan yang akan ditunjuk sebagai role model.

Setelah menyampaikan hasil pengamatan, Ketua Pengadilan Negeri melanjutkan dengan membuka rapat evaluasi bulanan dimana Ketua Pengadilan Negeri mempersilahkan kepada Para Panitera Muda dan Kepala Sub Bagian agar menyampaikan laporan bulanan yang belum disebutkan dalam pembinaan sebelumnya. Penyampaian laporan bulanan diawali dari bidang kepaniteraan dan ditutup oleh bidang kesekretariatan. Di bidang kepaniteraan, Ketua Pengadilan Negeri mengingatkan kepada setiap Panitera Pengganti bahwa setiap kali ada pemanggilan pihak baik itu pemanggilan delegasi ataupun pemanggilan langsung yang dilakukan oleh Jurusita sebelum sidang dilaksanakan maka relaas panggilan atau relaas delegasi harus disampaikan kepada Ketua Majelis Hakim terkait dengan hasilnya apakah sudah dilaksanakan atau belum dilaksanakan. Selain itu Ketua Pengadilan juga mengingatkan kepada Panitera Pengganti  bahwa setiap ada pergantian Panitera Pengganti yang berhalangan mengikuti acara persidangan baik dengan alasan izin, cuti atau sakit maka yang berkewajiban membuat berita acara adalah Panitera Pengganti yang menggantikannya. Selanjutnya Ketua Pengadilan juga memerintahkan kepada Panitera dan Sekretaris untuk jauh hari melakukan rapat berjenjang. Rapat berjenjang yang dilakukan jauh hari dimaksudkan supaya dapat menindaklanjuti hasil rapat evaluasi bulanan sehingga hasil tindaklanjutnya dapat dilaporkan pada repat evaluasi di bulan berikutnya.

Rapat ditutup dengan himbauan dari Ketua Pengadilan Kepada seluruh Hakim, Aparatur Sipil Negara serta Honorer Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II agar dapat menjaga semangatnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pencari keadilan. Selain itu  Sekretaris dan Panitera diperintahkan supaya dipenghujung tahun senantiasa melakukan koordinasi dengan bawahannya terkait dengan tugas-tugas dan terkait rencana penyusunan program kerja.

Rapat Evaluasi bulan November 2018

on Rabu, 07 November 2018. Posted in Berita/Pengumuman Terkini

Sendawar, Rabu 7 November 2018.

Bertempat di ruang Aula Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dilaksanakan Rapat  Bulanan / Evaluasi Kinerja Bulan Oktober. Rapat dipimpin oleh Bapak Suwandi, S.H.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dengan didampingi oleh Bapak I Putu Suyoga, S.H., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II, Bapak Alfan Mufrody, S.H. selaku Panitera Pengadilan Kutai Barat Kelas II, dan Bapak Sarwono, S.H. selaku Sekretaris Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II serta dihadiri oleh Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh karyawan/ti Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II, Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II, serta Tenaga Kerja Kontrak Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

Rapat dibuka dengan penyampaian hasil pengamatan dari Ketua Pengadilan terkait Barang Milik Negara yang mulai rusak agar segera di lelang, begitu juga dengan barang milik pihak ketiga supaya segera dilakukan evaluasi dan dilakukan inventaris selain itu diminta agar DBR tiap ruangan diperbaruhi. Selanjutnya terkait tenaga honor yang berkurang karena adanya satu tenaga honorer yang mengundurkan diri maka Ketua Pengadilan Negeri memerintahkan kepada Sekretaris untuk membuat surat penerimaan 1 (satu) orang tenaga honorer pada Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II yang nantinya akan dilakukan seleksi sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan sehingga dapat mengemban tugas dengan baik. Sesuai informasi terakhir sudah ada calon pengganti tenaga honorer yang diterima akan tetapi calon tenaga honorer tersebut pada hari ini belum bisa masuk kerja karena demam. Oleh karena itu diharapkan segera sembuh dan melaksanakan tugasnya. Ketua Pengadilan Negeri juga mengingatkan kepada Sekretaris agar melakukan evaluasi akhir tahun terhadap honor lainnya. Selanjutnya terkait pembagian perkara yang dipandang oleh Ketua Pengadilan Negeri belum merata maka Bapak Suwandi, S.H., M.H. meminta Panitera untuk meninjau kembali pembagian perkara yang selama ini sudah berjalan dengan memperhatikan unsur tenggang waktu penyelesaian suatu perkara dan kuantitas perkara. Dengan memperhatikan unsur tersebut, Ketua Pengadilan Negeri percaya beban kerja antar pegawai nantinya akan merata. Selanjutnya Ketua Pengadilan Negeri juga meminta kepada Panitera dan Panitera Muda Perdata agar melakukan evaluasi  terhadap SK Panjar Perkara yang mana biaya Pemeriksaan Setempat masih dipandang terlalu mahal jika dibandingkan dengan radius. Ketua Pengadilan Negeri juga meminta agar menambahkan komponen biaya jurusumpah dan biaya penerjemah serta terkait Jurusita Pengganti yang melakukan panggilan lebih dari 1(satu) pihak di RT yang sama dihitung 1(satu) kali biaya relaasnya. Kemudian terkait Berita Acara Sidang, Ketua Pengadilan mengingatkan kembali kepada seluruh Panitera Pengganti agar memperhatikan kembali UU Nomor 22 tahun 2010 tentang grasi dimana jika putusan dari Majelis Hakim  kurang dari 2 tahun maka pasal 196 KUHP huruf (c) nya dihilangkan sebaliknya jika putusan dari Majelis Hakim lebih dari 2 tahun maka pasal 196 ditulis lengkap.

Setelah menyampaikan hasil pengamatan, Ketua Pengadilan Negeri melanjutkan dengan membuka rapat evaluasi bulanan dimana Ketua Pengadilan Negeri mempersilahkan kepada Para Panitera Muda dan Kepala Sub Bagian agar menyampaikan laporan bulanan yang belum disebutkan dalam pembinaan sebelumnya. Penyampaian laporan bulanan diawali dari bidang kepaniteraan dan ditutup oleh bidang kesekretariatan. Setelah penyampaian laporan bulanan dari masing-masing bidang maka Ketua Pengadilan Negeri memberikan arahannya terkait laporan evaluasi bulanan tersebut. Ketua Pengadilan Negeri juga memberikan kesempatan kepada Wakil Ketua Pengadilan Negeri, Panitera, Sekretaris dan seluruh peserta rapat jika masih terdapat tanggapan. Terakhir rapat ditutup dengan himbauan dari Ketua Pengadilan Negeri untuk terus meberikan pelayanan yang prima kepada para pencari keadilan.

 

Putusan Terbaru

Pengumpan tidak ditetapkan