HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Kutai Barat

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Kutai Barat

MOTTO PN KUTAI BARAT: " Dengan kerja keras dan kerja sama kita pasti BISA !" ------> B : Berintegritas I : Inovasi S : Semangat A : Akurat

Articles in Category: Berita/Pengumuman Terkini

Kerja Bakti , 15 Februari 2019.

on Senin, 18 Februari 2019. Posted in Berita/Pengumuman Terkini

Sendawar, Jumat 15 Februari 2019.

 Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II kembali mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan area kantor. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kegiatan kali ini tidak dapat dipimpin langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan karena Beliau mengikuti diklat tipikor di Mega Mendung, Bogor. Oleh karena itu kegiatan ini diambil alih oleh Bapak Eko Setiawan, S.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan dan diikuti oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WITA dan berakhir pukul 11.00 WITA. Adapun area yang menjadi fokus perhatian kali ini adalah ruang tahanan dan teras kantor.  Hal ini dimaksudkan untuk memberikan suasana yang nyaman baik kepada pengunjung sidang maupun para tahanan serta memupuk rasa kekeluargaan antara keluarga besar pengadilan. Hal ini juga merupakan salah satu aksi untuk mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai bentuk dari penerapan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Rapat Evaluasi Bulan Februari 2019

on Rabu, 06 Februari 2019. Posted in Berita/Pengumuman Terkini

Rapat Evaluasi Bulan Februari 2019

 

Sendawar, Jumat 1 Februari 2019.

 

Bertempat di ruang Aula Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dilaksanakan Rapat  Bulanan / Evaluasi Kinerja Bulan Januari 2019. Rapat dipimpin oleh Bapak Suwandi, S.H.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dengan didampingi oleh Bapak Eko Setiawan,S.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II, Bapak Alfan Mufrody, S.H. selaku Panitera Pengadilan Kutai Barat Kelas II dan Bapak Sarwono, S.H. selaku Sekretaris Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II serta dihadiri oleh Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh karyawan/ti Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dan Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II.

 

Rapat dibuka dengan pembinaan dari Bapak Suwandi, S.H., M.H. yang mana mengingatkan kepada seluruh aparat Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II agar dapat melaksanakan  tugas sesuai dengan aturan dan Pakta Integritas yang telah ditandatangani oleh seluruh aparat Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II agar dapat dibaca, dipahami, dan diingat kembali. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari perbuatan yang melanggar aturan dan mengurungkan niat untuk melakukan hal-hal yang dilarang. Selanjutnya terkait dengan reformasi birokrasi, sesuai dengan bunyi surat dirjen badilum dan telah dikeluarkannya pedoman pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM pada pengadilan-pengadilan di lingkungan peradilan umum, maka ketua Pengadilan Negeri meminta kepada Subbagian PTIP untuk segera membuat banner struktur organisasi tim pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM pada Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II. Ketua Pengadilan Negeri juga memerintahkan kepada petugas meja PTSP agar selalu standby, tidak meninggalkan meja PTSP dalam keadaan kosong dan mejaga kebersihan meja PTSP, serta melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan memberikan pelayanan tanpa mengharapkan imbalan baik didalam lingkungan perngadilan maupun diluar pengadilan. Kemudian Ketua Pengadilan Negeri juga mengingatkan terkait akreditasi, dimana diminta untuk selalu melaksanakan pemeliharaan akreditasi, SK yang sudah tidak terkendali agar segera diperbaharui serta sarana prasarana yang kiranya masih dapat dibenahi agar segera diperbaiki.

 

Setelah menyampaikan hasil pengamatan, Ketua Pengadilan Negeri melanjutkan dengan membuka rapat evaluasi bulanan dimana Ketua Pengadilan Negeri mempersilahkan kepada Para Panitera Muda dan Kepala Sub Bagian agar menyampaikan laporan bulanan yang belum disebutkan dalam pembinaan sebelumnya. Penyampaian laporan bulanan diawali dari bidang kepaniteraan dan ditutup oleh bidang kesekretariatan. Dibidang kepaniteraan, Ketua Pengadilan Negeri masih menemukan adanya perkara di SIPP yang telah ditunjuk majelis hakimnya namun dokumen dakwaan masih kosong dan diinput pada keesokan harinya.  Oleh karenanya diminta kepada kepaniteraan pidana untuk selalu memastikan bahwa data dan e-doc telah diinput kedalam SIPP sehingga penginputan tidak melebihi 1x24 jam. Selain itu Ketua Pengadilan Negeri juga masih menemukan penanganan berkas tilang yang tidak sesuai dengan KUHAP dan Undang-undang Nomor 22 tahun 2009, dimana masih masih banyak berkas perkara tilang yang waktu penindakan jauh dengan pelaksanaan hari sidangnya. Hal tersebut semestinya tidak dibenarkan karena antara waktu penindakan proses tilang dengan hari sidang tidak boleh lebih dari 3(tiga) hari akan tetapi untuk Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II masih diberi toleransi  7 (tujuh) hari. Kemudian terkait dengan delegasi perkara banding/kasasi, Ketua Pengadilan Negeri mengingatkan jika delegasi masih belum dilaksanakan maka diminta kepada Panitera, Panmud Perdata, dan Koordinator Delegasi untuk aktif berkoordinasi dengan satker delegasi yang dituju untuk menghindari keterlambatan proses pengiriman berkas banding/kasasi. Jika dalam 1 minggu dari pengiriman surat delegasi belum ada tindaklanjut maka diminta kepada kepaniteraan perdata untuk bersurat ke Pengadilan Negeri yang dituju dan jika dalam minggu berikutnya juga masih belum ada tindak lanjut maka diminta untuk bersurat lagi ke Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur dan Pengadilan Negeri yang dituju.

 

Selanjutnya  di bidang kesekretariatan, Ketua Pengadilan mengumumkan akan dilakukan rolling pegawai pada awal bulan Maret 2019 dan terkait dengan kegiatan Wasmat untuk dapat dilaksanakan 3-4 kali agar penyerapan anggaran DIPA 03 dapat maximal. Ketua Pengadilan Negeri juga meminta agar kebersihan dapat terus ditingkatkan  dan untuk diperhatikan supaya kebersihan lantai jangan sampai menimbulkan bau yang tidak sedap. Setelah mendapat arahan dari Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II, selanjutnya Ketua Pengadilan Negeri memberikan kesempatan kepada Wakil Ketua Pengadilan Negeri untuk menyampaikan dan menambahkan arahan. Adapun hal yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri yaitu mengenai Reformasi Birokrasi. Dalam hal ini Wakil Ketua Pengadilan Negeri sudah menyusun rencana kerja Reformasi Birokrasi dan  bila memang Pengadilan Tinggi menghendaki rencana kerja yang telah disusun, maka data siap diberikan.

Rapat ditutup dengan himbauan dari Ketua Pengadilan Kepada seluruh Hakim, Aparatur Sipil Negara serta Honorer Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II agar dapat menjaga semangatnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pencari keadilan.

Putusan Terbaru

Pengumpan tidak ditetapkan