HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Kutai Barat

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Kutai Barat

MOTTO PN KUTAI BARAT: " Dengan kerja keras dan kerja sama kita pasti BISA !" ------> B : Berintegritas I : Inovasi S : Semangat A : Akurat

Rapat Bulanan 5 Juni 2018

on Selasa, 05 Juni 2018. Posted in Berita/Pengumuman Terkini

Rapat Bulanan 5 Juni 2018

Sendawar, Selasa 5 Juni 2018.

Bertempat di ruang Aula Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dilaksanakan Rapat  Bulanan/ Evaluasi Kinerja Bulan Mei. Rapat dipimpin oleh Bapak Suwandi, S.H.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dengan didampingi oleh Bapak I Putu Suyoga, S.H., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II, Bapak Alfan Mufrody, S.H. selaku Panitera Pengadilan Kutai Barat Kelas II, dan Bapak Sarwono, S.H. selaku Sekretaris Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II serta dihadiri oleh Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional , seluruh karyawan/ti Pengadilan Negeri Kutai Barat, para CPNS/Calon Hakim, Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II, serta Tenaga Kerja Kontrak Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

Rapat dibuka dengan pembahasan mengenai evaluasi implementasi SIPP pengadilan tingkat pertama pada Pengadilan Kutai Barat Kelas II. Dalam aplikasi evaluasi tersebut terdapat 37 komponen yang menjadi dasar penilaian pengimplementasian SIPP pada pengadilan tingkat pertama. Dari hasil evaluasi terhadap Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II, diketahui masih ada beberapa komponen yang belum maksimal, seperti penetapan hari sidang pertama yang mendapatkan nilai 24,76 dari nilai maksimal yaitu 25. Oleh karena itu sebagai perbaikan, diharapkan untuk melaksanakan penetapan hari sidang pertama maksimal 1 x 24 jam.

Selanjutnya, Ketua Pengadilan menyampaikan mengenai persyaratan pendaftaran gugatan sederhana. Pada pokoknya Ketua Pengadilan menyampaikan bahwa dalam menerima pendaftaran gugatan sederhana, haruslah memperhatikan persyaratan secara utuh.sebagaimana diatur dalam Pasal 3 dan Pasal 4 Peraturan MA RI No.  2 Tahun 2015. Untuk itu diharapkan dalam menerima pendaftaran gugatan sederhana, harus memperhatikan syarat-syarat seperti: nilai gugatan materil kurang dari 200 juta rupiah; para pihak baik penggugat dan tergugat masing-masing tidak lebih dari satu, kecuali pihak yang berkepentingan; penggugat dan tergugat berdomisili di daerah hukum yang sama; serta penggugat dan tergugat wajib menghadiri secara langsung setiap persidangan dengan atau tanpa didampingi oleh kuasa hukum.

Lebih lanjut, terhadap bagian kesekretariatan, Ketua Pengadilan memerintahkan kepada seluruh pegawai untuk menggunakan alat tulis kantor, khususnya kertas, sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian. Kemudian, sehubungan dengan Surat Edaran Sekretaris MA RI No. 304/SEK/HM.01/05/2018 tentang Pemberitahuan hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018, maka Ketua Pengadilan mengingatkan kembali agar seluruh pegawai tidak menambah hari cuti, baik sebelum maupun sesudah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri. Selain itu  kepada petugas keamanan agar menjalankan tugas dan kewajiban masing-masing sesuai dengan jadwal piket yang telah ditentukan.

Rapat ditutup dengan himbauan dari Ketua Pengadilan agar sebelum cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, seluruh pegawai memperhatikan keadaan ruangan sebelum ditinggalkan, baik kondisi kelistrikan maupun keamanan ruangan, demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Putusan Terbaru