HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Kutai Barat

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Kutai Barat

MOTTO PN KUTAI BARAT: " Dengan kerja keras dan kerja sama kita pasti BISA !" ------> B : Berintegritas I : Inovasi S : Semangat A : Akurat

Rapat Evaluasi Bulan Januari 2019

on Rabu, 09 Januari 2019. Posted in Berita/Pengumuman Terkini

Rapat Evaluasi Bulan Januari 2019

 

Sendawar, Selasa 8 Januari 2019.

 

Bertempat di ruang Aula Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dilaksanakan Rapat  Bulanan / Evaluasi Kinerja Bulan Desember 2018. Rapat dipimpin oleh Bapak Suwandi, S.H.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dengan didampingi oleh Bapak Alfan Mufrody, S.H. selaku Panitera Pengadilan Kutai Barat Kelas II dan Bapak Sarwono, S.H. selaku Sekretaris Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II serta dihadiri oleh Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh karyawan/ti Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dan Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II.

 

Rapat dibuka dengan penyampaian hasil pengamatan dari Ketua Pengadilan terkait kinerja Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II ditahun 2018, yang mana kinerja Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dinilai sudah cukup baik dengan perolehan nilai SIPP sebesar 96,61% diakhir tahun dengan nilai evaluasi 983,1 poin. Jika secara nasional penanganan perkara evaluasi SIPP berada pada peringkat teratas untuk seluruh satker baik dari satker yang penanganan perkaranya 0-500 perkara sampai ke satker yang penanganan perkaranya lebih dari 2000 perkara. Selanjutnya terkait dengan surat edaran dari direktorat jendral badan peradilan umum Nomor 1153/DJU/HM02.3/12/2018 tentang Penerapan Register Elektronik pada Pengadilan, maka Ketua Pengadilan meminta seluruh elemen Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II untuk lebih meningkatkan semangat kerja dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Selain itu Ketua Pengadilan juga memerintahkan kepada panitera untuk tetap berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi terkait dengan pengadaan register manual. Kemudian terkait panjar perkara, Ketua Pengadilan juga memerintahakan kepada panitera Pengadilan Negeri Kutai Barat agar segera berkoordinasi dengan panitera pada Pengadilan Agama Sendawar sehingga persoalan panjar perkara dapat segera tuntas secepatnya karena itu menyangkut orang banyak. Selanjutnya terkait dengan pelaksanaan eksekusi, panitera diingatkan kembali untuk wajib berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan terkait dengan tindakan apa saja yang akan dilaksanakan selama eksekusi berlangsung walaupun ketua pengadilan dalam posisi cuti.

 

 Setelah menyampaikan hasil pengamatan, Ketua Pengadilan Negeri melanjutkan dengan membuka rapat evaluasi bulanan dimana Ketua Pengadilan Negeri mempersilahkan kepada Para Panitera Muda dan Kepala Sub Bagian agar menyampaikan laporan bulanan yang belum disebutkan dalam pembinaan sebelumnya. Penyampaian laporan bulanan diawali dari bidang kesekretariatan dan ditutup oleh bidang kepaniteraan. Di bidang kesekretariatan, Ketua Pengadilan kembali mengingatkan terkait dengan izin keluar kantor, yang mana jam keberangkatan dan kepulangan saat izin keluar kantor masih sering tidak diisi oleh  staf yang meminta ijin keluar kantor.  Kemudian terkait dengan tenaga honor dari evaluasi januari sampai dengan desember 2018 pada prinsipnya masih bisa diperpanjang kontraknya kecuali yang sudah mengundurkan diri dan sakit dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, Ketua Pengadilan mengharapakan kepada tenaga honor yang diangkat kembali agar meningkatkan kinerjanya sehingga Pengadilan Negeri Kutai Barat bisa menjadi lebih baik. Kemudian terkait dengan program kerja khususnya pemanfaatan atau penggunaan anggaran rumah dinas, halaman kantor, mobil, kendaraan roda dua dan perangkat komputer, sebisa mungkin sudah dibuat  rencana penggunaan anggarannya dari sekarang.

 

Selanjutnya beralih ke bidang kepaniteraan, Ketua Pengadilan menaggaapi laporan terkait masih seringnya tidak ditemukaan softcopy jawaban kepada pihak tergugat. Oleh karenanya diperitahakn agar dibuat sk terkait dengan gugatan yang harus disertai dengan softcopy. Selanjutnya terkait dengan berita acara, masih terdapat berita acara yang masih belum tepat waktu dalam penyelesaiannya. Oleh karenanya Ketua Pengadilan meminta kepada seluruh Panitera Pengganti supaya setiap kali selesai persidangan, dalam waktu sebelum sidang berikutnya, berita acara diharapkan sudah diupload kedalam SIPP.

 

Kemudian terkait dengan dokumen relaas panggilan sidang yang masih sering ditemukan belum terinput di tahun 2018 kemarin, maka Ketua Pengadilan meminta kepada Panitera untuk mengkoordinir Jurusita/Jurusita Pengganti agar setelah melaksanakan panggilan, pada hari itu juga dapat segera menginputkannya dokumennya ke dalam aplikasi SIPP sehingga tidak menjadi tunggakan.

 

Rapat ditutup dengan himbauan dari Ketua Pengadilan Kepada seluruh Hakim, Aparatur Sipil Negara serta Honorer Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II agar dapat menjaga semangatnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pencari keadilan.

 

 

Putusan Terbaru

Pengumpan tidak ditetapkan