HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Kutai Barat

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Kutai Barat

MOTTO PN KUTAI BARAT: " Dengan kerja keras dan kerja sama kita pasti BISA !" ------> B : Berintegritas I : Inovasi S : Semangat A : Akurat

Pembinaan, Pengawasan, dan Surveillance Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur pada Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II

on Rabu, 03 Oktober 2018. Posted in Kegiatan Terkini Pengadilan

Pembinaan, Pengawasan, dan Surveillance Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur pada Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II

Sendawar, Pada tanggal 01 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 03 Oktober 2018 telah dilaksanakan kegiatan pengawasan, pembinaan dan surveillance oleh Bapak Mas Hushendar, S.H.,M.H., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur selaku Ketua Tim/Lead Auditor, didampingi oleh Bapak Jonny Sitohang, S.H.,M.H., Hakim Tinggi Pengawas Daerah selaku Auditor/Observer serta dibantu masing-masing oleh Bapak Abdul Halim, S.H. selaku Panitera Muda TIPIKOR Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, Bapak A.Khaidarsyah, S.H., Kabag Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur selaku anggota tim dan Bapak Tony Sunaryo, S.Sos. selaku Pengadministrasi Umum pada Kepaniteraan Hukum Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur di Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II.

            Dihari pertama, tanggal 1 Oktober 2018, Bapak Mas Hushendar,S.H.,M.H. menyampaikan amanahnya terkait pembinaan, pengawasan dan assesment surveillent  yang mana merupakan kegiatan yang terprogram dengan skedul waktu mengingat Mahkamah Agung RI dalam mencapai misinya untuk mewujudkan “Peradilan Yang Agung” dituntut modernisasi pengadilan. Hal ini sesuai dengan tema HUT Mahkamah Agung RI ke 73 tanggal 19 Agustus 2018 yaitu, “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi.” Pengadilan Modern yang dimaksudkan harus mengikuti dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi berupa penggunaan berbagai perangkat kinerja terkhusus berkait dengan teknologi informasi sehingga dapat terciptanya pelayanan prima pengadilan kepada para pencari keadilan yang cepat, murah dan sederhana. Mahkamah Agung RI terus melakukan pembaharuan baik berupa produk peraturan perundangan maupun pembaharuan di bidang teknologi informasi seperti implementasi aplikasi KOMDANAS(E-Keuangan : SAIBA, SIMAK BMN, Remunerasi), E-Kepegawaian : (SIKEP dan E-LLK) dan E-Keuangan Perkara, SIPP, SIWAS, E-Sekum, E-Tilang, Pelayanan Informasi dan PTSP menyangkut bidang kepaniteraan dan kesekretariatan. Terakhir diluncurkan dan diresmikan E-Court oleh Ketua Mahkamah Agung RI tentang tata kelola administrasi perkara secara elektronik yang akan menggantikan penanganan administrasi perkara secara manual yang dinilai lambat, tidak ekonomis dan tidak praktis serta menghindari praktek pungli.

Selanjutnya pembinaan dilanjutkan dengan pembahasan menyangkut putusan pengadilan baik yang telah berupa yurisprudensi mapun belum. Putusan harus berlandaskan kepada hasil Rumusan Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung RI yang meliputi: perdata, pidana, agama, militer dan tata usaha negara yang telah disahkan dalam bentuk Surat Edaran Mahkamah Agung RI seperti: SEMA Nomor 07 Tahun 2012, SEMA Nomor 04 Tahun 2014, SEMA Nomor 05 Tahun 2014, SEMA Nomor 3 Tahun 2015, SEMA Nomor 4 Tahun 2016 dan SEMA Nomor 1 Tahun 2017.

 

Kemudian Bapak Mas Hushendar, S.H.,M.H. dalam pembinaannya mengingatkan agar displin hakim dapat lebih dipedomani  sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Di Bawahnya. Sebelum acara pembinaan ditutup Bapak Mas Hushendar, S.H.,M.H. memberikan kesempatan tanya jawab kepada peserta yang masih memiliki pertanyaan seputar pembinaan yang diberikan.

            Dihari kedua tanggal 2 Oktober 2018, Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur melakukan pengawasan berupa pemeriksaan reguler dan  assessment surveillance  terhadap Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II berdasarkan ceklist TAPM Badilum. Kegiatan pembinaan, pengawasan, dan surveillance Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur pada Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II ditutup tanggal 3 Oktober 2018 dimana dalam penutupan ini dibacakan temuan-temuan terkait ketidaksesuaian antara ceklist TAPM Badilum dan  kegitan ataupun sarana dan prasarana yang belum berjalan di Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II. Adapun saran yang diberikan oleh Ketua Tim Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur supaya membuat denah parkir dan dokumen yang tidak sesuai yang sudah dilengkapi supaya dijilid yang rapi dan disimpan oleh dokumen kontrol pada Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II. Dari hasil temuan yang dilakukan oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur pada Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II diberikan batas waktu 14 Hari untuk menyelesaikan temuan tersebut. Namun berdasarkan waktu yang diberikan tersebut Bapak Suwandi, S.H.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II menyanggupi untuk menyelesaikan temuan tersebut dalam waktu 7 Hari / 1 Minggu sejak dibacakannya temuan tersebut.
            Acara pembinaan, pengawasan dan surveillance Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur pada Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II ditutup dengan motivasi-motivasi dari
Bapak Mas Hushendar, SH.,MH. dan Bapak Jonny Sitohang, SH.,MH. kepada seluruh aparatur Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II,  kemudian dilanjutkan dengan yel-yel akreditasi yang dipimpin oleh Bapak I Putu Suyoga, S.H.,M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II dan diakhiri dengan foto bersama antara  Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur beserta seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II.

Putusan Terbaru